Selasa, 22 Mei 2018

Mengatasi Panas Berlebih Pada Macbook Untuk Mengatasi Crash dan Memperpanjang Usia Pakai Mac

Pengguna Macbook dengan usia pakai lebih dari 4 tahun sering kali dikeluhkan dengan panas berlebih yang berujung pada aplikasi crash, Hang bahkan OS Screen Error yang kemudian mengharuskan penggunanya untuk mematikan paksa Mac nya. Sering kali tertuduh utama yang menjadi tersangka adalah OS yang terlalu berat atau OS yang sudah mulai tidak sehat. Solusi termudah pertama yang dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan me-reset SMC & PRAM kemudian menginstall ulang Mac (clean install, format bersih hardisk). Dengan OS yang fresh & bersih dari file pengganggu tentunya kinerja Mac akan kembali seperti semula.

Jika reset SMC & PRAM bahkan install ulang macbook tidak menjadi solusi, ada kalanya  anda harus mengamati secara fisik pada macbook anda untuk memastikan sistem pendingin sudah bekerja dengan baik. Berikut indikasi bahwa sistem pendingin mac anda mengalami masalah :
  1. Mac mulai sering hang bahkan crash kernel error ketika digunakan & kipas tidak kunjung mati ketika lid langsung ditutup (sleep paksa) pada saat kipas terdengar bekerja pada putaran penuh.
  2. Suara kipas terdengar sangat kencang untuk melakukan kerja ringan semisal play video, browsing & membuka MS Office.
  3. Panas berlebih pada sisi keyboard.

Jika Mac anda mengalami dua hal tersebut, maka ada baiknya anda segera membuka back case Macbook dan mengecek kipas pendingin Mac anda. Sering kali kotoran pada kipas angin menyebabkan kinerja pendinginan tidak berjalan dengan sempurna. Bahkan sangat disarankan anda melepas kabel power kipas & mengangkat kipas pendingin untuk melihat kotoran  menumpuk pada kisi pendingin (kipas yang kotor mengindikasikan debu pada kisi pendingin sudah menumpuk & memblokade airflow pada sistem pendingin).

Gambar 1. Kipas Pendingin Macbook yang kotor menyembabkan perputaran & pendinginan tidak berjalan dengan sempurna
Gambar 2. Kotoran yang menumpuk pada kisi pendingin menghalangi udara dari kipas untuk mengalir & membuang panas
Untuk penggunaan lebih dari 4 tahun ada baiknya anda juga mengganti thermal grease pada prosesor & VGA mac anda. Sering kali thermal grease yang telah tua tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dari prosesor ke heatsink. Hal ini dapat dilihat ketika anda melepas heatsink dari prosesor akan tampak thermal grease lama terlihat retak retak & terdapat pori-pori udara. Untuk produk thermal grase yang disarankan adalah Cooler Master Mastergel Marker  karena memiliki konduktivitas panas tinggi, namun tidak bersifat konduktor elektrik sehingga aman & mudah diaplikasikan (meskipun mastergel / mastergel pro / spek dibawahnya juga bisa).

Gambar 2. Thermal grease bawaan macbook yang sudah tidak menghantarkan panas dengan sempurna
Dari pengujian bakulapel sendiri, pada macbook pro mid 2009 Core2 duo 2,4 GHZ, RAM 8 GB, prosedur pembersihan & penggantian thermal grease ini menurunkan suhu dari 50-60 derajad celcius menjadi 25-33 derajad celcius ketika idle, dan dari 76-85 derajad celcius menjadi 54-64 derajad celcius ketika full load, bahkan suhu hardisk pun ikut turun dari 43 menjadi 33 derajad celcius pada idle. Hasilnya macbook tidak pernah crash & tersendat lagi ketika digunakan untuk aplikasi berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar