Senin, 02 April 2018

Reset PRAM dan SMC Untuk Mengatasi Berbagai Error di Mac

Ketika mac anda mulai tidak normal, anda mungkin memerlukan beberapa prosedur yang umum untuk mengatasinya. Beberapa prosedur yang mungkin harus anda lakukan adalah dengan memulai ulang / reboot mac anda, menjalankan disk utility atau mungkin masuk ke dalam safe boot. Proses ini terkadang juga menyangkut prosedur tambahan untuk masalah yang tidak dapat dipahami, Mengatur ulang PRAM & mereset SMC.

Mereset ulang PRAM / NVRAM dan SMC untuk mengatasi error pada mac

Mereset Ulang PRAM (NVRAM)

Standar perbaikan kesalahan Mac secara acak yang sering digunakana adalah dengan mereset ulang PRAM. P dalam PRAM berarti Parameter, dan RAM nya adalah Random Acces Memory. PRAM ini mengacu pada sebuah memori kecil khusus yang didukung oleh baterai di setiap mac. Memori ini berfungsi menyimpan pengaturan mac yang diperlukan sebelum memuat sistem operasi. Jika pengaturan dalam PRAM ini mengalami kesalahan, Mac akan mengalami beberapa masalah & perilaku aneh setelahnya.

Beberapa Mac modern judah tidak menggunakanan lagi PRAM. Beberapa diantaranya menggunakan NVRAM (NV untuk Non Volatile). Meski demikian, NVRAM ini memiliki fungsi dan tujuan yang kurang lebih sama dengan PRAM namun memiliki kapasitas informasi yang lebih kecil, seperti disk startup yang dipilih, Volume Speaker, Resolusi Layar, Zona waktu & Detail kernel panic terakhir jika mac anda baru baru ini mengalami crash.

Kesalahan PRAM dan NVRAM ini sangat jarang terjadi. Biasanya kesalahan pada PRAM / NVRAM dapat dideteksi ketika mac  mengalami beberapa hal aneh, seperti : mac membutuhkan waktu lama untuk mencari disk boot pada saat menghidupkan mac, mac memulai dengan resolusi yang salah, mengalami masalah audio yang aneh (seperti tidak ada suara, menu kontrol volume  yang abu - abu), wifi / bluetooth tidak terdeteksi, dll. Jika beberapa permasalahan ini muncul pada mac anda, ada baiknya anda melakukan prosedur reset PRAM, cepat, aman & tidak berbahaya.

Untuk mereset PRAM / NVRAM, berikut ini adalah prosedur yang perlu untuk  dijalankan:
Shut Down / matikan Mac.

  1. Tekan tombol power, begitu mac mulai hidup langsung tekan & tahan tombol command-option-P-R secara bersamaan
  2. Terus tahan tombol command-option-P-R hingga sekitar 20 detik, kemudian lepas agar mac ada start secara normal. Jika anda memiliki mac model lama yang berbunyi saat start, tahan tombol hingga mac mati, kemudian hidup & berbunyi, startup  untuk yang kedua kalinya.
  3. Kemudian cek disk startup, tanggal, display, wifi / bluotooth. Pastikan masing - masing sudah berjalan dengan semestinya.

Jika menahan tombol command-option-P-R pada saat mac melakukan startup dan tidak keluar apa pun kecuali layar abu-abu yang tidak berubah selama beberapa menit - tidak ada logo apple, tidak ada bilah progres maupun startup kedua - maka tidak perlu panik, mungkin penyebebnya adalah ada perangkat USB yang menancap pada mac, sehingga mengganggu kinerja keyboard pada saat boot. Lepaskan semua perangkat USB dari mac, kemudian tekan tahan tombol power hingga mac mati, lalu tekan lagi tombol power untuk menghidupkan, segera tekan & tahan tombol command-option-P-R secara bersamaan.

Jika menggunakan keyboard bluetooth eksternal, coba colokkan keyboard USB sebagai gantinya. Ketika telah berhasil mereset PRAM dengan keyboard berkabel, anda dapat memutusnya dan kembali ke keyboard bluetooth. normal anda.

Reset ulang SMC

Komponen lain pada mac yang berfungsi penting menyimpan pengaturan adalah "System Management Controller" (SMC). Sirkuit ini mengatur power management, monitor temperatur &  pengaturan kipas, status pencahayaan, Keyboard Backlight dan beberapa komponen lainnya. Jika SMC bermasalah, maka mac akan mengalami beberapa gangguan, misalnya suara berisik kipas pendingin, performance mac melambat, padahal pada activity monitor kinerja CPU tidak sedang peak, aplikasi yang tidak dapat berjalan, baterai mac tidak dapat terisi pada saat di charge, permasalahan pada saat sleep atau pada saat wake, dan sebagainya (anda dapat melihat list yang lebih panjang mengenai permasalahan SMC ini di Halaman Support Apple).

Sebelum prosedur reset SMC, mac harus pada keadaan shutdown. Setelah itu prosedur bervariasi sesuai jenis mac yang akan di reset.

  • Mac Desktop : Copot kabel power (back dari mac maupun number arus AC), tunggu hingga 15 detik, kemudian tancapkan kembali. Setelah itu tunggu hingga 5 detik, baru kemudian hidupkan lagi mac nya. 
  • Macbook dengan Baterai yang tidak dapat dilepas oleh user : Matikan dan lepas mac dari charger. Pada built-in keyboard, tekan tombol shift-control-option pada sebelah kiri, kemudian tekan tombol power dan terus tahan (jangan dilepas) keempat tombol ini hingga 10 detik, baru dilepas. Konekkan lagi mac ke power adapter, kemudian hidupkan kembali dengan normal.
  • Macbook dengan Baterai yang dapat dilepas oleh user : Matikan mac, lepaskan dari charger, kemudian lepas baterainya. Tekan dan tahan tombol power selama 5 detik, kemudian lepaskan. Pasang lagi baterai, tancapkan ulang mac ke charger kemudian hidupkan lagi mac secara normal
  • iMac Pro : Shutdown mac, setelah mati kemudian tekan dan tahan tobol power selama 8 detik. Lepaskan kemudian tunggu beberapa saat. Tekan lagi tombol power untuk menghidupkan iMac Pro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar