Senin, 16 April 2018

Menyembunyikan File dan Folder Rahasia di Mac OS

Ada banyak alasan untuk menyembunyikan file di komputer. Mulai dari alasan positif hingga alasan negatif, yang pasti user tidak menginginkan file rahasia ini dilihat oleh orang lain. Tulisan ini tidak akan membahas alasan menyembunyikan file, melainkan membahas cara menyembunyikannya. Cara yang baku dalam menyembunyikan file adalah dengan memberi tanda baca ( . ) di setiap awalan nama file. Misalkan anda memiliki sebuah file bernama "gambar.jpg", maka untuk menyembunyikannya cukup merubahnya menjadi ".gambar.jpg". Cara ini berlaku untuk semua jenis file di mac OS, termasuk folder juga akan hidden jika anda menambahkan tanda baca titik di depan nama file nya. 
Gambar 1. Setiap file dan folder di mac akan otomatis hidden jika didepannya diberi tanda baca ( . ).
Cara lain lebih sederhana adalah dengan menempatkan folder "rahasia" di dalam folder sistem Mac OS. Sebagai contoh dengan menempatkan sebuah folder berjudul "rahasia" di dalam folder /Library. Anda dapat menaruh file yang tidak diharapkan untuk dilihat oleh sembarang orang dalam folder ini. Caranya cukup sederhana, buka finder, pilih : Go > Go to Folder. Ketikkan /Library. Setelah finder membuka folder /Library, bikin sebuah folder berjudul "rahasia" di sana. Folder sistem mac secara default dalam kondisi hidden untuk melindungi file yang ada di dalamnya. Semua file yang ada di dalamnya akan tersembunyi bahkan dari spotlight sekalipun.
Gambar 2. Lokasi sub menu Go to Folder di Finder.
Gambar 3. Mambuat folder "rahasia" di /Library, dan menaruh file rahasia di dalam folder tersebut.
Setelah mengetahui cara menyambunyikan file, tentu kita juga berharap mengetahui caranya untuk membuka file tersebut meski sudah disembunyikan bukan?. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kebutuhan kita pribadi untuk membuka kembali file tersebut. Cara paling standar Untuk menampilkan hidden file ini di adalah dengan mengikuti langkah di sini. atau jika anda menyembunyikan di dalam folder sistem mac, maka anda dapat langsung jalankan finder, kemudian pilih : Go > Go to Folder. Pada contoh sebelumnya jika anda menyembunyikan file di /Library/Rahasia, maka ketikkan saja lokasi file nya : " /Library/rahasia ", maka jendela finder akan langsung membuka folder rahasia yang anda maksudkan.
Gambar 4. Menuju folder Rahasia
Jika cara di atas terlalu standar dan anda membutuhkan agar file tersimpan dengan lebih aman, maka Cara lain yang lebih praktis namun tidak gratis adalah dengan menggunakan software khusus untuk menyembunyikan file. Anda dapat mencarinya langsung di appstore dengan kata kunci hide file folder. cara terakhir ini biasanya akan menyembunyikan folder kemudian mengenkripsi dengan password, sehingga lebih sulit bagi orang lain untuk membukanya. Cara ini lebih aman daripda cara-cara yang telah dibahas sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar