Sabtu, 28 April 2018

Mengatasi Panas Berlebih di Mac Jadul yang Menggunakan OS Baru

Panas seringkali muncul secara tiba - tiba pada Mac / Macbook model lama yang menggunakan OS baru. Ketika panas mulai ekstrim & kipas mulai berputar sangat keras, biasanya kinerja mac juga akan tersendat dan terasa berat. Hal ini juga berlaku pada komputer lama non apple yang menjalankan OS baru. Cara termudah mengatasi panas berlebih pada mac model lama ini adalah dengan memanipulasi agar sumber penghasil panas pada mac menjadi lebih dingin. Berikut ini adalah beberapa trik untuk membuat mac lebih dingin dari yang termudah dilakukan hingga yang sulit

Komponen Pertama penyebab panas adalah RAM. Meskipun suhu pada waktu bekerja juga cukup panas, RAM tidak secara langsung menyumbangkan panas yang besar pada komputer. Penggunaan ram yang kurang berakibat pada kinerja hardisk yang berlebih dan membebani kinerja prosesor kaitannya pada Kompresi data untuk RAM. Ada baiknya jika mac lama anda menggunakan OS Mavericks ke atas untuk menambah RAM menjadi minimal 8 GB sehingga prosesor tidak terlalu sering mengkompres data untuk RAM. Perhatikan juga kompatibilitas RAM yang akan anda gunakan dengan Mac yang dipakai sebelum mengganti RAM.

Gambar 1. Salah satu produk RAM khusus untuk Mac

Komponen kedua paling umum menyumbang panas adalah hardisk. Pada komputer yang telah lama masa pakainya, kinerja hardisk akan mulai menurun. Jika kita menggunakan hardisk yang telah uzur untuk bekerja agak berat, sama halnya dengan kita memaksa hardisk untuk bekerja seperti masa barunya. Di sinilah hardisk akan memaksakan untuk bekerja & menghasilkan panas berlebih. Untuk mengatasi panas dari hardisk ini, ada baiknya  anda mengganti hardisk untuk mac yang usianya lebih dari 6 tahun. Normalnya usia penggunaan hardisk magnetik sekitar 4 - 5 tahun saja. Untuk saat ini pengganti hardisk yang tepat adalah SSD, dimana SSD ini memiliki kecepatan yang lebih baik daripada hardisk magnetik, sekaligus lebih sedikit mengeluarkan panas ketika bekerja.

Gambar 2. Perbandingan suhu SSD dengan Hardisk ketika bekerja

Komponen ketiga yang berpengaruh pada suhu Mac adalah Baterai. Pada pemakaian normal, baterai mac bisa bertahan rata-rata 4 - 5 tahun sebelum akhirnya mulai gembung. Baterai yang mulai gembung ini biasanya dapat dideteksi secara langsung dari notifikasi energy di menu bar maupun dari system profiller. Secara fisik, biasanya baterai yang sudah mulai menggambung akan menghambat penggunaan trackpad, sehingga trackpad tidak dapat di klik karena tertahan oleh baterai. Baterai yang telah uzur ini dapat menghantarkan power yang kurang stabil bagi Macbook, yang berimbas pada kierja & panas berlebih pada Macbook. Untuk menghindarinya, silakan ganti baterai jika sudah ada notifikasi replace now pada notifikasi energy di menu bar. Kami sarankan untuk mengganti dengan merk pihak ketiga yang terkenal daripada baterai AsPal yang bentuknya mirip bawaan mac.

Gambar 3. Penggunaan boterai merk terkenal dari pihak ketiga lebih disarankan daripada baterai AsPal yang banyak beredar di pasaran (meski bentuknya samapersis dengan bawaan mac)

Komponen yang tersulit sulit untuk mencapainya adalah prosesor dan vga. Kedua komponen ini menymbangkan panas secara langsung dan terbesar pada Mac lama. Normalnya penambahan rpm kipas pendingin Prosesor dan VGA akan bertambah sedikit demi sedikit seiring bertambahnya panas, namun pada mac lama bisa bertambah dengan sangat tiba-tiba. Hal ini karena terjadi lonjakan suhu yang sangat drastis ketika prosesor dan ram bekerja mulai keras. Normalnya lonjakan drastis ini terjadi pada mac yang usianya lebih dari 7 tahun. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu membuka dan melepas mainboard kemudian membersihkan kisi pendingin CPU & VGA. 

Untuk Mac yang berusia lebih dari 7 tahun anda harus mengganti thermal grease yang menjadi perantara antara prosesor dan kisi pendingin. Pada penggunaan normal, thermal grease kualitas terbaik saat ini maksimal dapat bekerja secara efektif untuk 8 tahun bergantung pemakaian. Jika dipaksakan untuk bekerja lebih di tahun yang lebih tua, maka ada kemungkinan thermal grease sudah mengering & tidak dapat menghantarkan panas secara baik dari Prosesor / VGA ke kisi pendingin. Hal ini yang menyebabkan terjadinya lonjakan suhu seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Untuk menggantinya, lepas semua sekrup penahan & angkat secara perlahan kisi pendingin dari mainboard, kemudian bersihkan sisa thermal grease yang lama dengan menggunakan kain bersih. Jika ada yang membadel dan lengket anda bisa mengeroknya dengan plastik berpebtuk seperti obeng (-) (jangan pernah mengerok dengan bahan logam!).

Gambar 4. Membersihkan & Mengganti Thermal Grease pad Processor & VGA,  ganti 7 tahun setelah masa pakai

Normalnya jika anda telah melakukan prosedur diatas, maka Mac akan berjalan lebih dingin dan lebih jarang hang ketika dipakai. Hal ini membuat Mac lama terasa lebih ringan digunakan meskipun menggunakan OS baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar