Rabu, 18 April 2018

Mencegah Software Bajakan Mac yang Dijual Bebas Agat Tidak Menjadi Trial Dengan Menggunakan Little Snitch

Meski banyak dijual software bajakan Mac OS yang sukses dalam proses instalasi, terkadang seiring berjalannya waktu software Mac yang telah terinstall dan terregistrasi tersebut tiba-tiba menjadi trial lagi. Hal ini pada umumnya karena setiap software telah menanamkan fitur auto update di dalamnya. Ketika terjadi proses update, otomatis aktivasi sebelumya juga akan dihapus oleh software hasil update nya. Normalnya setelah auto update di disable, peluang software Mac bajakan untuk menjadi trial akan berkurang, Namun tidak sepenuhnya menjamin bahwa registrasinya akan terus berjalan.

Disamping fitur auto update, fitur registry check dari software Mac juga dapat mendisable aktivasi software Mac hasil bajakan. Sehingga ntuk kasus ini diperlukan pengaturan manual untuk memblokir ip adress server registrasi aplikasi bajakan. Pada umumnya yang sering dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengedit file /etc/hosts. Cara kerjanya adalah dengan memberikan info kepada Mac OS untuk membelokkan akses ke server aktivasi menuju localhost. Kelemahan dari cara ini adalah jika anda menginstall banyak atau beberapa software bajakan di Mac. tentu saja akan sangat banyak list server yang harus dibelokkan ke localhost. Jalan termudah untuk masalah ini adalah dengan menggunakan firewall yang bertugas untuk memblokir koneksi internet dari software Mac bajakan. Hal ini bertujuan untuk mengisolasi Software Mac Bajakan dari jaringan internet agar tidak dapat melakukan registry check setelah teraktivasi sebelumnya.

Dari sekian banyak software firewall yang tersedia untuk Mac OS, dua yang paling sering dipakai adalah Handsoff dan Little Snitch. Handsoff unggul dalam pengaturan yang lebih komplek, karena disertai rule untuk mengatur kemampuan read / write dari software bajakan disamping mengatur lalulintas koneksi jaringan. Meski demikian Little Snitch unggul dalam pengaturan yang simple. Jika ditilik penggunaannya hanya untuk memblokir software bajakan dari akses interenet, maka penggunaan little snitch lebih menguntungkan. Hal ini karena selain pengaturan yang lebih simple, kinerjanya juga lebih ringan, mengingat littlesnitch hanya mengatur rule allow / deny pada koneksi jaringan saja.

Berikut ini cara sederhana pengaturan agar littlesnitch dapat mengenali software bajakan dan software asli. Alih alih mengatur rule secara manual satu - persatu, pengaturan otomatis akan sangat menudahkan dalam penggunaan little snitch. Di sini rule "Forever - Allow - any Connection" untuk software asli dan rule "Forever - Deny - any Connection" sangat berperan dalam pengaturan ini sehingga rambu-rambu koneksi dapat tersimpan di rule littlesnitch secara permanen.

  1. Setelah Little Snitch terinstall dengan sempurna & teraktivasi, jalankan Little Snitch configuration dari /Applications.
  2. Pada menu bar di bagian atas klik "Little Snitch Configuration" (dekat apel hitam), klik Preferences
    Gambar 1. Menjalankan pengaturan Little Snitch pada Mac OS
  3. Pada tab general, centang "Show indactivity warning in menu bar"
    Gambar 2. Pengaturan pada tab Generals
  4. Pada tab software Updates, hilangkan semua centangnya
    Gambar 3. Pengaturan pada tab Update
  5. Koneksikan lagi Mac ke Jaringan (Via wifi / modem / lainnya)
  6. Jalankan satu persatu software Mac yang asli / software yang membutuhkan koneksi internet dalam penggunaanya (jalankan semua), misal : itunes, appstore, safari, Contact, Calendar, Mail, firefox, opera, Folx, Messages, Line, Whatsapp, shareit, megasync, Google  dll hingga software Mac asli terakhir. Ketika muncul notifikasi dari littleSnitch berikan rule "Forever - Allow - any Connection".
    Gambar 4. Pengaturan "Forever - Allow - Any Connection" untuk Software asli  Mac dan yang memang membutuhkan internet sebagai cara kerjanya 
  7. Jalankan satu persatu software Mac yang bajakan (jalankan semua), Misal : Adobe, Cleanmymac, Betterzip, Autodesk, The Unarchiever, Video Converter, dll hingga software mac bajakan terakhir, kalau perlu klik juga pada "check for update" nya. Ketikan muncul notifikasi dari littlesnitch berikan rule : "Forever - Deny - any Connection".
    Gambar 5. Pengaturan "Forever - Deny - Any Connection" untuk software bajakan Mac
  8. Jika semua telah terselesaikan, maka semua rule akan tersimpan secara permanen dalam littlesnitch dan tidak akan muncul lagi notifikasi allow - deny dari littlesnitch Untuk software. Selama seminggu pertama mungkin anda akan mendapakan beberapa notifikasi dari littlesnitch mengenai izin koneksi process yang berjalan di latar belakang. Process ini biasanya oleh littlesnitch disimbolkan dalam ikon terminal hitam. Khusus untuk process ini anda dapat mencermati ke server mana dia ingin terkoneksi. Jika ujung ekor koneksinya mengarah ke apple.com atau google.com, kasih rule "Forever - Allow - any Connection". Namun jika ujung ekornya mengarah ke selain apple.com / google.com (misal : adobe.com), maka beri rule "Forever - Deny - any Connection". Hal ini terkecuali jika processnya memang membutuhkan koneksi internet, misal process dari mega clients / google drive (kalau anda menginstall Megasync / google drive untuk sharing data via internet) maka beri rule "Forever - Allow - any connection".
    Gambar 6. Pengaturan "Forever - Allow - Any Conection" pada proses yang mengarah ke apple.com
    Gambar 7. Pengaturan "Forever - Allow - Any Connection" pada Process Megasync
    Gambar 8. Pengaturan "Forever - Allow - Any Conection" pada proses yang mengarah ke google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar