Selasa, 03 April 2018

Jika Akun Administrator Mac OS Terhapus Secara Tidak Sengaja

Ada kalanya pengguna mac membuat akun baru untuk menghapus akun yang lama. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempermudah migrasi kepemilikan mac ke tangan yang lain tanpa harus manginstal ulang OS. Normalnya, ketika akan menghapus akun yang lama, anda harus membuat dulu akun administrator yang baru kemudian baru menghapus akun yang lama. Di sini terkadang terjadi kesalahan prosedur, entah bagaimana ceritanya justru pengguna mac akan kehilangan akun administrator dan menyisakan "normal account". Sebagaimana jika anda melakukan pencarian via google "I don't have administrator accounts on my mac" atau "deleted administrator account Mac". Jika masala ini terjadi pada anda, maka cobalah langkah berikut ini untuk mengembalikan akun administrator mac anda.

1. Reset password dari recovery hdd. 


Menjalankan terminal dari HDD Recovery Mac OS

Matikan Mac anda. Tekan power untuk menghidupkan  Mac kembali. Seketika hidup tekan & tahan (mangan dilepas) tombol option. Ketika memasuki menu boot pilih boot dari recovery HDD. Ketika Sudah boot ke recovery hdd, pilih Bahasa inggris / indonesia, kemudian jalankan terminal dari menu / Utitlities > Terminal. Pada terminal ini Ketikkan :
resetpassword
kemudian tekan enter / return. Perintah resetpassword ini akan memberikan dialog yang memungkinkan anda untuk mengganti password dan mungkin merubah sebuah akun menjadi admin. Ketikkan saya password penggantinya yang mudah dulu (misal angka 1) sekali ketik benar langsung enter, masukkan lagi jika masih diminta, kemudian enter lagi. Mungkin tidak ada tanda angka atau huruf maupun asterix yang keluar di terminal, pokoknya sekali ketik angka 1 langsung enter. Silakan matikan mac anda, kemudian hidupkan lagi. Jika akun anda belum berubah menjadi admin, silakan lanjutkan ke step berikutnya

2. Reset User Dari Single User Mode. 


Terminal Single User Mode pad mac
Matikan Mac anda. Tekan power untuk menghidupkan Mac  kembali. Seketika hidup langsung tekan & tahan (jangan dilepas) tombul cmd+S. Anda akan masuk ke command line (scren hitam & tulisan putih). Ketikkan perintah :
mount -uw /
Tekan enter atau return, kemudian Ketikkan perintah sbb :
rm /var /db/.AppleSetupDone 
Tekan enter / return. Perintah ini akan membuat file sistem menjadi writable, kemudian menghapus file yang memberi informasi kepada Mac OS bahwa anda telah mengatur sistem sebelumnya. Tekan Ctrl+D untuk melanjutkan booting & kemudian anda akan diminta untuk menyelesaikan setup Apple Settup Assistant seperti ketika pertama kali membuka mac dari kardusnya. Bikin User baru & kemudian selesaikan wizard nya untuk memasuki OS sengam user administrator baru yang anda buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar